AristekturDesign!

Helping you to bring your concepts and ideas to your real life.

Bambu Laminasi ( bambu untuk masa depan )




Bambu merupakan salah satu bahan material yang akan menjadi pengganti kayu pada masa datang. Karena pada saat ini kayu merupakan bahan yang sulit didapatkan (jumlahnya terbatas) dan juga merupakan salah satu material yang sulit untuk diperbaharui secara cepat. Bandingkan bambu yang pertumbuhannya dalam satu hari mampu setinggi 1m dan bisa dipanen dalam usia 3-5 tahun saja. Sedangkan kayu membutuhkan waktu lebih dari 40 tahun untuk bisa digunakan kayunya sebagai material.

Saat ini bambu sudah bisa dibentuk seperti bilah-bilah kayu atau pun balok kayu solid. Dengan memotong bambu menjadi lembaran kecil, lalu disusun dan disatukan menggunakan pres atau pun pen bambu, lalu dipres dalam waktu tertentu. Bisa juga ditambahkan resin sehingga permukaan bambu menjadi lebih glossy. Kekuatan bambu laminasi tersebut ternyata memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatan kayu solid, jika digunakan sebagai struktur bangunan.

Harga per meter kubik (m3) bambu laminasi saat ini masih tergolong mahal, karena ongkos produksi dan mesin pres bambu belum terlalu populer, juga dibuat berdasarkan pesanan saja (made by order). Di jogjakarta harga permeter kubik bambu laminasi adalah 15 juta rupiah, di Bali sekitar 13 juta rupiah. Bandingkan dengan kayu Bengkirai Kalimantan yang 1 meter kubiknya hanya 7,5-8 juta rupiah saja. Di China, bambu laminasi jauh lebih berkembang dan sudah menjadi bagian dari industri besar bagi masyarakat setempat. Sehingga harga bisa ditekan sangat murah, yaitu 8 juta permeter kubiknya.

Semoga bambu laminasi ini suatu saat bisa menggantikan kayu dimasa depan, demi menjaga bumi dari kerusakan yang semakin besar.

3 komentar:

  1. Anonim
    Said

    gravatar

    bagi yg mau usaha bambu laminasi dan membutuhkan lem yg handal tahan cuaca dan anti air bisa hub.085221785203

    11 April 2013 19.26
  2. gravatar

    info berguna

    27 Oktober 2015 21.40
  3. gravatar

    Bermanfaat..

    30 November 2015 09.44

Posting Komentar